Peran Teknologi Terhadap Anak Usia Dini
Melihat dari perkembangan teknologi sekarang ini, perkembangan teknologi telah berpengaruh bagi kehidupan anak sehari-hari, peran orang tua sangat berpengaruh terhadap perkembangan teknologi dewasa ini, kenapa peran orang tua yang berpengaruh terhadap pendidikan anak dengan adanya teknologi yang berkembang.
Mungkin tanpa kita sadari bahwa anak-anak sekarang sangat bergantung dengan teknologi seperti adanaya laptop, androit, tablet, hampir seluruh anak-anak sudah bisa memaikannya, bahkan anak yang dibawah umur tiga tahun mereka sudah terbiasa dan bahkan mereka cenderung permainanannya adalah Laptop/Komputer, Tablet ataupun Androit.
Hal semacam ini mungkin tidak asing lagi dengan penglihatan kita, anak-anak lebih suka bermain dengan laptop atau andoritnya ketimbang bermain dengan teman-teman sebayanya dan ada juga orang tua bahkan melarang anak-anaknya bermain diluar rumah, dengan berbagai alasan-alasan, sehingga anak-anaknya diberikan maianan seperti laptop dan androit sehingga anak-anak sibuk dan asik bermain sendiri, tanpa orang tua sadari bahwa permainan seperti ini sudah membentuk prlaku anak yang tidak bisa terpisahkan dengan teknologi ini.
Dapak teknologi yang semakin berkembang perlu kita ikuti tetapi untuk perkembangan anak memiliki dampak positif dan negatifnya, ada beberapa dampak positif dan dampak negatif teknologi bagi anak-anak:
Pengaruh Positif Komputer Terhadap Anak Usia Dini, Rimm, (2003:16) mengatakan, “komputer bisa membantu anak belajar. Banyak anak prasekolah belajar menggambar dan membaca dengan menggunakan komputer.
Beberapa pengaruh positif teknologi komputer untuk anak usia dini sebagai berikut:
Stimulasi bagi perkembangan antara kordinasi mata dengan ketepatan gerak tangan.
Menstimulasi bagi perkembangan motorik halus anak khususnya daya rangsang pada anak agar anak dapat melatih kemampuan berfikir untuk lebih kreatif.
- Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indra.
- Mendorong anak untuk belajar selain metode verbalitas dalam kata-kata tertulis atau lisan belaka.
- Komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak.
- Anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.
- Anak dapat mempunyai bekal persiapan yang pasti memasuki gerbang perguruan tinggi.
- Komputer dapat juga digunakan untuk mempermudah menunjukan pengetahuan.
Menurut, Li dan Atkins dalam Genevieve Marie Johnson (2010) mencatat bahwa paparan komputer selama tahun-tahun prasekolah dikaitkan dengan kesiapan sekolah anak berikutnya sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan anak. Kumtepe (2006) mengamati bahwa anak-anak melek komputer yang dinilai oleh guru mereka mengemukakan bahawa keterampilan social anak lebih tinggi daripada anak-anak yang kurang mahir komputer.
Adapun menurut Fischer dan Gillespie dalam Sharon A. (2004). Menjelaskan hasil penelitian mereka di kelas Head Start, menunjukkan bahwa program dalam komputer seperti (1) perangkat lunak komputer dapat mendorong anak-anak untuk mengeksplorasi dan melampaui pemikiran mereka, (2) komputer hanya pilihan lain di kelas,(3) komputer menjadi jembatan bagi anak untuk berpikir abstrak, dan (4) teknologi komputer dapat merangsang perilaku di kalangan anak-anak.
Tag:Course